Tutorial Photoshop Pemula Sampai Mahir by Cinta Desain

 

Memulai Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu software untuk memudahkan kita mengedit foto. Fitur-fitur yang disediakan Adobe Photoshop ini sangat lengkap. Disini Cinta akan menjelaskan mulai dari dasar/pemula sampai mahir tentang Adobe Photoshop.

Sebelum memulai pekerjaan desain di Adobe Photoshop, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu layar Adobe Photoshop. Buka terlebih dahulu program Adobe Photoshop dengan klik Logo Windows >> Adobe Photoshop, akan tampil seperti yang terlihat pada gambar berikut:

 

Area Kerja Adobe Photoshop

Mari kita perhatikan komponen-komponen yang ada di Photoshop untuk membuat sesuatu yang lebih mudah kita memahaminya.

Penjelasan bagian-bagian area kerja Photoshop:

1. Menu Bar

Berisi menu-menu yang dapat membantu memudahkan dalam bekerja dan terorganisir sesuai dengan topik yang saat itu digunakan. Sebagai contoh, menu Layers berisi menu-menu yang berhubungan dengan Palette Layers.

2. Option Bar

Berisi informasi tentang tool yang sedang aktif digunakan, yang isinya akan selalu berubah bergantung pada tombol perintah yang terpilih pada bagian Toolbox. Gambar dibawah ini adalah contoh tampilan Option bar ketika aktif menggunakan Move Tool.

3. Tool Bar

Kumpulan alat-alat atau perangkat utama yang digunakan untuk membuat, mengedit gambar dan teks serta memilih warna Foreground Color atau Background Color dan fitur lainnya.

4. Dokumen Window atau Tab Halaman Kerja

Dokumen yang kita gunakan untuk bekerja di Photoshop. Yang berisi nama, type, zoom, mode dan bit pada dokumen tersebut.

Baca Juga  Menghapus Motif Gambar Hati di Jaket dengan Photoshop

5. Canvas atau Lembar Kerja

Area yang bisa kita gunakan untuk mendesain.

6. Panel atau Palette


a. History

Digunakan untuk menyimpan semua perintah yang telah dikerjakan. Salah satu fungsi yang sering digunakan dalam palette ini adalah perintah untuk membatalkan perintah yaitu dengan cara mengklik item perintah yang dibatalkan.

b. Action

Digunakan untuk merekam, memainkan, mengubah, serta menghapus sederetan aksi atau perintah yang sedang dikerjakan saat memanipulasi objek gambar atau teks dalam jendela dokumen.

Untuk melihat keseluruhan palette silahkan klik menu windows

7. Panel atau Palette

a. Color Palletes
Digunakan untuk mengganti warna foreground atau background dengan cara mengklik kotak foreground/background, kemudian geser slider-slider untuk memilih warnanya.

b. Swaches
Digunakan untuk mengganti warna foreground atau background dengan cara mengklik kotak warna untuk memilih warna foreground atau tekan Ctrl dan klik kotak warna untuk memilih warna background.

c. Style
Digunakan untuk memilih dan memasang style pada obyek gambar atau layer yang terpilih.

 

8. Panel atau Palette

a. Layers
Digunakan untuk menambah, menghapus, menampilkan atau menyembuyikan, menduplikat dan mengelompokkan layer (lapisan) yang ada di atas background. Layer merupakan lembaran yang saling bertumpuk antar lapisan yang transparan yang memuat obyek gambar atau teks.

b. Channels
Digunakan untuk menampilkan channel–channelwarna pembentuk gambar.

c. Paths
Digunakan untuk melihat deretan layer yang berisi obyek-obyek path yang terdapat dalam dokumen.

9. Status Bar

Berisi keterangan tentang ukuran dokumen, profil dokumen, dimensi dokumen, tool yang sedang berjalan atau aktif serta keterangan lainnya terkait gambar/dokumen yang sedang aktif.

Untuk menganti status lainnya silahkan klik anak panah.

10. Layar/Jendela Kontrol

Pada setiap program pasti memiliki layar kontrol yang berfungsi untuk minimize, maximize/restore, dan close. Fungsi dari minimize adalah untuk mengecilkan jendela program, maximize untuk melebarkan jendela program, restore untuk mengembalikan jendela program seperti sebelumnya, dan close untuk menutup program.

Baca Juga  Tutorial Photoshop: Cara Membuat Efek Refleksi di Photoshop dengan Mudah dan Cepat

 

NB: Artikel ini akan terus di Update